harian-detik.com – Apple baru saja merilis seri iPhone 14 dalam acara bertajuk “Far Out” di Apple Park, Cupertino, AS. Seri ini terdiri dari iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Menyoal harga, rupanya mereka tak mengalami penurunan atau peningkatan dibanding seri sebelumnya, iPhone 13.

Misalnya pada iPhone 14 yang dibanderol mulai dari US$799 (sekitar Rp 11,9 juta). Sebagai perbandingan, harga yang dipatok Apple sama seperti saat mereka meluncurkan iPhone 13 tahun lalu.

Hal yang sama terjadi pada seri Pro dan Pro Max. Kedua seri dari beda generasi ini dipatok harga yang sama saat pertama kali diluncurkan yakni varian Pro diharga US$ 999 (sekitar Rp 14,8 juta). Sementara harga Pro Max adalah US$ 1.099 (sekitar Rp 16,4 juta).

Sedangkan untuk varian Plus, Apple saat itu tidak merilis varian ini untuk iPhone 13.

Bicara soal spesifikasi, pada iPhone 14 dan iPhone 13 reguler tidak ada perbedaan yang signifikan. Keduanya tampak serupa dari segi desain, bahkan chipset dan kamera. Namun Apple mengklaim spesifikasi di iPhone 14 lebih ditingkatkan dibanding yang sebelumnya.

Apple masih membenamkan chipset Bionic A15 seperti pada generasi sebelumnya. Chipset A15 Bionic ini hadir dengan GPU 5-core, mendukung semua fitur terbaru dan membuat game dengan grafis intens dan aplikasi AR.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu juga masih menyematkan kamera 12 MP, tapi sensor yang dipakai berukuran 1.9 mikron dengan aperture 1,5 aperture. Tidak ketinggalan Apple menyematkan OIS. Hasilnya iPhone 14 punya peningkatan 49% di kondisi low light dari pendahulunya.

Satu yang baru dari iPhone ini adalah mendukung mengirim pesan darurat melalui satelit komunikasi. Artinya, antena di iPhone dapat terhubung ke frekuensi satelit.

Kedua ponsel hadir dalam lima varian warna Midnight, Starlight, Blue, Purple, and Product Red.

Apple mulai membuka preorder 9 September. iPhone 14 mulai dijual 16 September, sedangkan iPhone 14 Plus baru tersedia 7 Oktober.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://harian-detik.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-detik.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”